Dari Mana Datangnya Pengunjung Blog?

3 Sep

Cara mengetahui Asal muasal Visitor, Berasal Dari Mana Datangnya Pengunjung Blog? Itulah topik artikel yang akan kita bahas kali ini. Seperti kita ketahui bersama bahwa pengunjung blog itu bisa berasal darimana saja dan kapan saja. Kita tidak tahu pasti mereka itu siapa saja, karena adanya kebijakan privasi di sebuah blog/website. Mereka bebas menjelajahi situs kita tanpa sepengetahuan kita.

Mereka bisa membaca artikel berjam-jam secara diam-diam di blog kita 😀 Tapi bukan ini yang akan kita bahas kali ini. Melainkan kita akan membahas terkait asal datang nya pengunjung blog. Sehingga dari situlah kita bisa menentukan strategi yang tepat untuk meningkatkan trafik blog / website kita dimasa yang akan datang.

Sebelum kita bahas lebih lanjut, silahkan anda perhatikan gambar berikut ini. Gambar tersebut saya ambil dari Google Analytic. Sangat terlihat jelaskan? Yupz tidak salah lagi bahwa pengunjng blog/website itu berasal dari 4 kategori yakni Organic Search, Direct, Social, dan Referral. Nah, kebanyakan para visitor blog berasal dari Search Engine.

dari-mana-datangnya-pengunjung-blog 1. Organic Search

Pengunjung blog (internet user) sebagian besar memanfaatkan search engine (Google, Yahoo, Bing, dll) untuk mencari informasi yang penting bagi dirinya. Pada halaman pertama, kedua, dan ketiga hasil pencarian search engine yang biasanya mereka kunjungi. Adalah sangat beruntung jika posting blog/web kita bisa berada di halaman pertama Google, Yahoo, dan Bing. Karena, dengan begitu akan banyak mendatangkan visitor organik dari mesin pencari tersebut. Ini dinamakan organic search.

2. Direct

Direct / langsung atau bisa juga disebut dengan pengunjung langsung hanya bisa terjadi jika mereka (pengunjung) itu sudah kenal dan hafal alamat website/blog anda. Biasanya yang melakukan hal ini adalah mereka yang sudah jatuh cinta dengan blog / website tertentu. Sehingga dengan hanya mengetikkan url di tab browser, mereka bisa langsung meluncur di blog tersebut. Apabila blog anda sudah mempunyai pengunjung setia, pasti mereka akan selalu hadir di blog anda secara langsung tanpa meminta bantuan search engine. Tapi ini jarang terjadi bagi blog personal, kecuali blog-blog yang sudah punya brand saja.

3. Social

Pengunjung juga bisa berasal dari social. Ini mencakup situs Blogger, Google+, Facebook, Twitter, dan masih banyak lagi. Nah, apabila anda aktif melakukan aktivitas blogwalking, pasti pengunjung blog anda masuk dalam kategori berasal dari social. Jumlah pengunjung untuk kategori ini sangat terbatas. Namun, apabila anda bisa mengoptimalkan berbagai social media, pasti akan bisa mendatangkan ribuan pengunjung dari kategori ini, misalnya jumlah follower Twitter atau liker Fans Page Facebook itu jumlah nya ratusan ribu.

4. Referral

Kategori referral ini merupakan situs yang mereferensikan link url blog / website kita. Misalnya, anda melakukan link exchange, link komentator blog, link blog yang disisipkan dalam postingan, dan masih banyak lagi itu bisa mendatangkan pengunjung.

Nah, apabila anda sudah tahu asal pengunjung blog, kini giliran anda ingin mengoptimalkan yang mana? Apakah dari search engine, ataukah dari social, ataukah dari direct, ataukah dari referral? Itu adalah sebuah pilihan dan anda sendiri yang bisa memilihnya 🙂

Demikian informasi yang bisa saya share untuk anda tentang Dari Mana Datangnya Pengunjung Blog?. Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk anda sekalian.

.

Salam Syakur world

One thought on “Dari Mana Datangnya Pengunjung Blog?

  1. Pingback: 6 Jenis Konten Blog yang Dicari Banyak Orang - Syakur World

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


5 + 8 =